• Januari 3, 2022

8 Jenis Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Bisnis

8 Jenis Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Bisnis

Pada era digitalisasi seperti saat ini, banyak orang yang mencari cara agar bisnisnya terlihat menarik dan dapat menjangkau konsumen lebih luas. Perlu strategi pemasaran yang efektif untuk mengembang bisnis baik mengelola kafe, toko, jasa, maupun online shop. Dengan mengetahui jenis strategi pemasaran yang efektif dan tepat, maka konsumen akan tertarik dengan produk kita sehingga bisnis mampu hidup dan berkembang.

Artikel ini akan membahas apa itu strategi pemasaran, dan beberapa jenis strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis Anda.

Apa Itu Strategi Pemasaran?

Strategi marketing atau pemasaran adalah rangkaian perencaan guna menjangkau target pasar dan mengubah mereka menjadi konsumen produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan.

Agar target pasar berubah menjadi konsumen, tentunya sangat diperlukan strategi pemasaran yang efektif dan tepat dalam memasarkan produk ke semua orang. Sebab, hal itu dapat mengantarkan bisnis Anda pada konsumen yang tepat, selain itu strategi pemasaran yang efektif juga dapat memudahkan koordinasi Anda dengan tim.

Strategi pemasaran bisnis offline maupun online tentu mempunyai perbedaan, dalam artikel ini akan Anda akan tahu jenis strategi pemasaran online maupun offline.

Tujuan Strategi Pemasaran

Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda harus tahu apa itu tujuan strategi pemasaran. Dan mengapa itu penting?

Alasanya, strategi pemasaran akan membawa bisnis Anda menuju ke arah yang tepat. Berikut adalah beberapa tujuan strategi pemasaran.

  • Membangun reputasi
  • Membidik pangsa pasar yang tepat
  • Memastikan perusahaan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki
  • Mempercepat pertumbuhan perusahaan
  • Meningkatkan brand awareness

Hal lain setelah mengetahui tujuan strategi pemasaran adalah memahami alasan, mengapa harus menggunakan strategi pemasaran tersebut.

Mengapa Memerlukan Strategi Pemasaran Online?

Strategi pemasaran yang efektif dan tepat secara online adalah cara yang harus dilakukan para pembisnis di tengah era digital saat ini. Selain dapat memanfaatkan media sosial, juga dapat memanfaatkan blog hingga menggunakan situs kupon.

Kini, hampir setengah dari penduduk Indonesia dapat dijangkau melalui internet, maka strategi pemasaran online menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh perusahaan besar maupun bisnis skala kecil.

Melalui Google, Facebook, Twitter, Whatsapp, Instagram dan berbagai platform online lainnya, Anda dapat menjangkau calon konsumen di seluruh Indonesia.

Mengapa bisnis harus menerapkan strategi pemasaran online, berikut alasannya:

1. Mudah Dilakukan

Sebagian orang menganggap asing strategi pemasaran online, kendati demikian, tak berarti Anda tidak mencobanya. Sebab strategi ini lebih mudah dari yang Anda bayangkan.

Ketika Anda bingung untuk melakukannya, banyak forum diskusi yang membahas tentang pemasaran online melalui Youtube maupun website, salah satunya adalah artikel ini. Dengan membaca artikel ini, Anda akan terbantu dalam menyusun strategi pemasaran online bisnis Anda.

2. Target Lebih Spesifik

Strategi pemasaran yang efektif secara online membantu Anda mempromosikan bisnis Anda ke seluruh Indonesia. Namun, jika Anda ingin mencapai target pasar yang lebih spesifik, Anda dapat mempersempit jangkauan lokasi di kota atau provinsi tertentu.

Anda juga dapat mengatur iklan tampil di perangkat apa saja. Mulai dari desktop, smartphone, hingga tablet bisa digunakan orang untuk mengakses mesin pencari.

Selain itu, Anda juga dapat menjadwalkan kapan iklan itu akan muncul. Baik diatur jamnya, maupun harinya. Anda juga dapat mengatur target pasar dan usia tertentu yang sesuai dengan bisnis Anda.

3. Terukur

Kelebihan lain dari strategi pemasaran online adalah terukur. Platform penyedia iklan seperti Google Ads, Facebook Ads dan Instagram Ads akan melaporkan performa iklan yang Anda pasang. Seberapa efektifnya iklan yang Anda pasang dan berapa orang yang berhasil dijangkau, platform itu akan melaporkan secara rinci. Jadi, Anda dapat mengevaluasi pemasaran online Anda dan dapat menentukan strategi berikutnya seperti apa.

4. Biayanya Murah

Penerapan strategi pemasaran online mungkin lebih mahal dibangdikan dengan strategi pemasaran konvensional. Namun, besarnya biaya pemasaran online akan menghasilkan revenue yang lebih besar.

Anda juga dapat berinvestasi jangka panjang untuk promosi bisnis Anda melalui blog Anda, dengan itu Anda mendapatkan trafik yang stabil setiap bulannya ke website Anda.

5. Dapat Menjangkau Setengah Penduduk Indonesia

Berdasarkan data Google, pada tahun 2017 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 56 persen dari 280 juta orang. Jumlah ini mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Menurut Napoleoncat.com, sekitar 128 juga orang sudah terhubung dengan Facebook dan 60 juta orang sudah memiliki Instagram. Dengan strategi pemasaran online, Anda dapat menjangkau semuanya.

 

8 Jenis Strategi Pemasaran yang Efektif dan Efisien

Dalam artikel ini akan membahas 8 jenis strategi pemasaran yang efektif yang dapat Anda terapkan untuk bisnis Anda. Berikut ini adalah strategi promosi atau pemasaran beserta contohnya:

1. Tentukan Tujuan dan Anggaran

Menentukan tujuan pemasaran dan menyusun anggaran adalah langkah awal untuk mencapai tujuan. Tujuan strategi pemasaran seperti meningkatkan revenue, meningkatkan conversion atau meningkatkan brand awareness bergantung pada situasi bisnis Anda.

Penyusunan anggaran menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran online. Mengapa demikian? Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari strategi pemasaran, Anda harus bersedia mengeluarkan biaya untuk memasang iklan di Google Ads, Instagram Ads, Facebook Ads maupun platform iklan lainnya.

Mungkin Anda berfikir, dapat memaksimalkan penggunaan media sosial untuk strategi marketing untuk mengurangi cost biaya pemasaran. Algoritma media sosial yang tidak stabil, tentu feed yang Anda posting akan terlewatkan begitu saja oleh calon konsumen.

Agar Anda tidak terbebani oleh biaya iklan online yang tinggi, Anda dapat mengatur biaya iklan sesuai anggaran yang Anda miliki.

2. Tentukan Media Sosial

 Saat ini tersedia banyak media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai media promosi. Seperti YouTube, Twitter, Pinterest, Facebook, Instagram, LinkedIn hingga LINE. Anda tidak perlu aktif di semua media sosial tersebut, cukup Anda memilih salah satu kanal yang tepat untuk media promosi bisnis Anda.

Saat ini, Instagram menjadi media yang banyak digandrungi para pelaku bisnis sebagai media promosi, seperti bisnis makanan, busana muslim, kemeja, dan lain-lain.  Selain itu, ada juga beberapa media sosial yang dapat digunakan secara bersamaan untuk produk Anda.

Bagaimana menentukan media sosial yang tepat untuk bisnis Anda?

Untuk dapat menentukannya, Anda harus melakukan riset audiens. Bagaimana cara riset audiens media sosial yang cocok untuk bisnis Anda?  Gabriel Weinberg dan Justin Mares telah mengembangkan Teknik Bulls Eye. Teknik ini menjadi salah satu metode yang efektif untuk memetakan strategi pemasaran yang efektif di media sosial.

3. Google Bisnisku

 Google Bisnisku merupakan salah satu media promosi yang direkomendasikan untuk strategi pemasaran yang efektif. Google Bisnisku berguna untuk mempermudah calon konsumen untuk mengetahui informasi lengkap tentang bisnis Anda.

Calon konsumen dapat mengetahui mulai dari nama bisnis, nomor telepon perusahaan, alamat, jam operasional hingga review pelanggan.

Dengan menggunakan Google Bisnisku bisnis Anda secara otomatis muncul di Google Maps, sehingga memudahkan pelanggan untuk menuju lokasi bisnis Anda. Selain itu, Anda akan terbantu dengan sistem marketing dari Google Bisnisku, sehingga Anda tak lagi memikirkan bagaimana sistem marketing bisnis Anda.

4. Email Marketing

Sebagian orang menilai email marketing sebagai spam yang berpotensi mengganggu konsumen. Namun, faktanya penggunaan email marketing terus meningkat setiap tahunnya.

Sekitar 59 persen konsumen berlangganan email marketing atau newsletter apabila ada penawaran, baik berupa diskon spesial atau berupa kupon. Menurut McKinsey and Company dalam studinya menunjukan bahwa email marketing 40 kali lebih efektif untuk memperoleh pelanggan dibandingkan Twitter dan Facebook. Sebab, dengan email marketing perusahaan dapat menjangkau kosumen di area personal yaitu kotak masuk email.

Tak ada salahnya jika bisnis Anda menggunakan email marketing, agar konsumen terdorong untuk berbelanja baik secara online maupun datang langsung ke lokasi.

5. Lakukan Riset Keyword

 Blog atau website yang Anda gunakan sebagai strategi pemasaran, tentu memerlukan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Dengan memilih kata kunci yang tepat akan berpengaruh pada performa blog atau website Anda.

Dengan menggunakan Google Trends Anda dapat mencari kata kunci yang sering dicari oleh orang-orang di mesin pencari. Anda juga bisa menggunakan Google Keyword Planner untuk riset kata kunci, sehingga ketika Anda menulis di blog atau website akan relevan dengan bisnis Anda.

6. Optimasi SEO

Untuk mengembangkan bisnis, Anda harus menempatkan website bisnis di halaman pertama hasil pencarian agar calon konsumen mudah mencari bisnis Anda di Google. Adapun optimasi SEO itu sendiri terbagi menjadi dua, yakni SEO off page dan SEO on page.

Optimasi SEO off page adalah penerapan optimasi di balik layar website seperti backlink. Sedangkan optimasi SEO on page adalah optimasi yang diterapkan pada konten yang diterbitkan.

7. Terapkan Content Marketing

Strategi pemasaran yang efektif berikutnya adalah dengan menerapkan content marketing. Strategi ini dapat dilakukan dengan melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan, penting dan konsisten untuk menarik audiens dengan tujuan mengonversi mereka menjadi pelanggan.

Para era saat ini, blog menjadi salah satu media yang tepat untuk menjalankan content marketing. Blog berguna untuk mendatangkan trafik tinggi melalui pencarian organik.

8. Bangun Relasi

Selain menjalankan strategi pemasaran pada beberapa platform di atas, Anda juga perlu membangun relasi dengan orang-orang yang bergelut di bisnis yang sama. Membangun relasi dapat Anda mulai dengan hal yang sederhana, seperti bergabung dengan grup Facebook atau komunitas yang sesuai dengan bisnis Anda.

Setelah Anda mengetahui beberapa jenis strategi pemasaran yang efektif di atas, diharapkan dapat membantu dalam mengembangkan bisnis Anda.

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.